Kamis, 16 Februari 2012

Perbedaan mesin DOHC dan SOHC

DOHC adalah singkatan dari Double Overhead Camshaft (sebagai alternatif terhadap tipe mesin SOHC). Layout mesin ini menggunakan dua kem (noken as) pada blok mesin atas. Ini juga berarti bahwa pada mesin DOHC  terdapat 2 camshafts yang mempermudah pabrikan menerapkan 4 klep per silinder. Kebanyakan DOHC juga mendatangkan kitiran mesin (RPM) yang lebih tinggi..
SOHC (Single Overhead Camshaft) memiliki torsi lebih baik pada putaran rendah karena lebih ringan (memutar mesin) dan sebaliknya DOHC menghasilkan torsi lebih rendah karena lebih berat. Namun pada pada kecepatan tinggi, torsi mesin DOHC  akan lebih baik. Itulah untung-ruginya. Bila jumlah klepnya sama, SOHC memiliki low-end torque lebih baik sementara DOHC memiliki top-end power lebih tinggi.
Gambar mesin DOHC
Untuk penggunaan pada sepeda motor yang menggunakan DOHC seperti suzuki FU 150, CBR 150 sedang untuk tipe mesin SOHC biasanya diterapkan pada motor bebek seperti yamaha vega zr, jupiter Z, jupiter mx, honda revo series dan supra series dll




Tidak ada komentar:

Posting Komentar