Kamis, 16 Februari 2012

perbandingan Honda new Megapro dan Yamaha Byson

Harga

dilihat dari point ini, honda new mega pro dipatok dengan harga 19,5 juta, sedangkan yamaha byson 19,9 juta. terpaut jarak 4oo ribu, hal ini tak luput dari strategi yang dilancarkan oleh pihak AHM. Mengingat pada produk Yamaha sebelumnya di kelas motor sport tipe medium, yakni harga Yamaha Scorpio-Z dan V-ixion berada di bawah harga Honda Tiger dan Honda Mega Pro versi sebelumnya

Desain dan Fitur

Bisa dipastikan bahwa tampilan honda new megapro hampir mirip dengan honda tiger. dibuktikan dengan firing yang menutupi lampu depan, aksesoris fairing pada tangki, sampai kap penutup aki yang ada di bagian sisi kanan dan kiri body.
desain jok yang mengelembung di bagian pembonceng juga mirip dengan honda tiger. memang hal ini dibenarkan oleh pihak AHM, guna menggaet para pecinta motor honda tiger yang ingin meminimalkan harga, karena terpaut sekitar 5 juta dengan new tiger.
Panel instrumen New Mega Pro menggabungkan sistem analog dan digital. Indikator tachometer-nya yang mengukur putaran mesinnya menggunakan sistem analog, sementara informasi BBM, speedometer, dan jamnya menggunakan sistem digital.
sementara untuk yamaha byson, tampilan desain Byson berbeda dengan dua saudara tuanya, Scorpio-Z dan V-ixion. Meski kapasitas tangkinya sama dengan V-ixion, 12-liter, namun desain tangki Byson lebih gambot dan sangar bak namanya. Byson juga terlihat “naked bike”, karena tampil tanpa delta boks layaknya V-ixion. Merujuk pada pernyataan pihak YMKI, Byson memang mengandalkan tampilannya sebagai amunisi utama memikat konsumen.
Panel instrumen dari Yamaha Bysonpun  sudah full digital.


Kaki-kaki

Ada dua pilihan kaki kaki dari honda new megapro, cast wheel dan jari jari. tapi dalam perbandingan kali ini, New Mega Pro telah dibekali dengan suspensi depan teleskopik, suspensi belakang tunggal monoshock (bisa disetel keras dan lembut), ban tubeless ukuran 80/100-17 (depan) dan 100/80-17 (belakang), serta cakram hidrolik dengan piston ganda (depan) dan cakram hidrolik dengan piston tunggal (belakang). Melihat spesifikasinya, pihak AHM membekali kaki-kaki New Mega Pro dengan sederet amunisi anyar dan cukup mumpuni. Semisal suspensi monoshock dan ban tubeless yang tidak diusung oleh motor sport tipe medium Honda sebelumnya.
Yamaha Byson dibekali suspensi depan teleskopik, suspensi belakang monocross (bisa disetel tingkat kekerasannya), ban depan tubeless 100/80-17, ban belakang 120/70-17, rem depan cakram, dan rem belakang tromol.
Dari kedua spesifikasi ini, sekilas nampak sebanding. Honda New Mega Pro unggul pada fitur rem belakangnya yang juga menggunakan cakram. Namun kelemahan ini bisa dibayar Yamaha Byson pada keunggulan tapak bannya yang lebih lebar.


Mesin

Pada point ini melihat dari sisi spesifikasi mesin.
Honda New Mega Pro mengusung mesin 4-langkah SOHC berpendingin udara berkapasitas 149,2cc, dengan rasio kompresi 9,5:1. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimum 13,51 hp/8500 rpm dan torsi 12,85 Nm pada 6500 rpm. Tenaga dan torsi ini disalurkan ke permukaan ban melalui transmisi lima kecepatan.
Yamaha Byson mengusung mesin 4-langkah SOHC berpendinginan udara berkapasitas 153 cc, dengan rasio kompresi 9,5:1. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimum 13,22  hp / 7500 rpm dan torsi 13,6 Nm pada 5500 rpm. Tenaga dan torsi ini juga disalurkan ke permukaan ban melalui transmisi lima kecepatan. Pihak YMKI selaku ATPM menyebutkan, mesin Byson pun mudah untuk dioprek. Meski hal ini tentu saja tidak direkomendasi pihak YMKI, jika Anda ingin fasilitas garansi yang ditawarkan tetap berlaku hingga batas waktu yang ditetapkan.
Kedua mesin ini masih mengandalkan sistem suplay BBM yang menggunakan karburator.


Konsumsi BBM

honda new megapro diklaim 1 liter mampu meraungi aspal sejauh 60 km. yah, jadi 1:60
sementara untuk yamaha byson diklaim konsumsi bbm 1:45


Top Speed

honda new megapro : 120 km/ jam, dan menurut beberapa sumber. kecepatan ini dicapai dengan kondisi agak ngoyo
yamaha byson 135 km/jam, sama seperti yang diatas, ngos ngos an untuk mencapai kecepatan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar