Rabu, 15 Februari 2012

Perbandingan Suzuki Fu dan Yamaha Vixion


 
muncul pertanyaan yang sedikit menggelikan dari beberapa orang, salah satu pertanyaan tersebut adalah “cepet mana satria fu sama vixion?”. perbandingan dari dua motor tersebut dari kelas tipe saja sudah tidak berimbang, secara satria FU adalah motor bebek, sementara vixion motor kelas cruiser. tapi kenapa pertanyaan tersebut bisa muncul dibenak masyarakat ? yah karena performa dari FU yang sangat melebihi dari kelas bebek, sehingga harus membandingkan dengan kelas yang dia atas..
oh iya, disini saya akan membandingkan dalam beberapa point, dan dari point pont tersebut nantinya akan saya jumla. siapa yang lebih banyak memiliki point, itulah yang lebih unggul.
1. performa mesin :
dilihat dari point ini jelas semuanya memiliki ukuran mesin yang sama besar, yaitu 150 cc.  namun satria fu mengadopsi sistem DOHC sementara Vixion masih menggunakan sistem lama, yaitu SOHC. DOHC emang karakter nya torsi dan power bakal keluar di putaran atas
SOHC karakternya torsi sama power sudah keluar diputaran awal mesin tapi putaran atasnya loyo. dari point ini jelas suzuki satria FU lebih unggul.
2. body
untuk point ini sepertinya tidak afdol untuk dibandingkan, yah karena memang beda kelas. namun saya akan mengkaitkannya dengan point pertama. melihat ukuran mesin sebesar 150 cc harus diimbangi dengan body yang agak berbobot agarketika disentak dalam kecepatan tnggi motor tetap mudah dalam kendali. melihat ukuran body suzuki satria fu yang kecil dan ringan, membuat motor ini seakan oleng saat berada di kecepatan tinggi. berbeda dengan yamaha vixion, yang tetap imbang saat digeber di kecepatan tinggi. satu point untuk yamaha vixion.

3. Penampilan
agak susah nih membedakan antara body dengan penampilan. tapi sikaaattt aja deh pokoknya, hehe… penampilan luar dari kedua motor ini bisa dikatakan futuristik. karena keduanya terlihat segar dan berjiwa muda. desain yang sangat detail pun terlihat di kedua motor ini. hanya saja memang kelas keduanya yang berbeda. bisa dikatakan kedua motor ini berjiwa muda., karena sangat mudah jika ingin melakukan modifikasi.  hmm, masing masing satu point untuk FU dan Vixion.
4. Brand
dalam membeli kendaraan pasti orang cenderung memilih brand yang sudah besar dan terbaik. tentu saja, brand raksasa dari Yamaha membuat vixion lebih unggul di point ini. secara Yamaha begitu gencar promosinya dan hampir disemua kelas yamaha selalu memiliki produk andalan. sementara menengok suzuki, bisa dikatakan hanya satria FU lah penopang utama brand ini. satu point untuk yamaha vixion
5 Harga Jual.
dipoint ini, tentu kita akan mengulas tentang motor bekas. harga jual kembali untuk suzuki satria fu rata rata adalah 14.500.000. selisih harga sekitar 5000.000 dengan harga barunya.  sementara vixion 16.000.000 selisih sekitar 5000.000 juga dari harga barunya. dilihat dari sisi ini, brand yamaha yang besar kalah dengan brand suzuki yang ada dibawah nya. hal ini karena memang satria fu memiliki kualitas yang lebih unggul. satu point untuk satria FU

6. Fitur
  • Satria Fu telah mengadopsi fitur AHO. sementara vixion belom
  • di satria FU ada oil cooler, di Vixion ada radiator pendingin air. masing masing 1 point aja deh.

7.  Top Speed
untuk top speed, menurut pengalaman beberapa temen saya dan juga barusan cari dari forum otomotif. yamaha vixion di klaim dapat digeber sampai 130km/ jam. mereka juga berkeluh susah mencapai kecepatan tersebut, soalnya limiter dari yamaha vixion tergolong cukup rendah. jadi nggak mendapat kerja mesin yang maksimal.
sementara suzuki satria fu, saya ambil dari sumber yang sama ditambah pengalaman dari saya sendiri. top speed mencapai 143 km/jam itu pun juga udah ‘ngoyo’. udah gitu ditambah dengan kondisi kendali yang sungguh mengerikan, mengingat body satria FU yang kecil. satu point lagi untuk satria fu
8. Konsumsi BBM
konsumsi BBM dari Yamaha Vixion 1:44, sementara Suzuki Satria FU 1:33. terlihat perbedaan yang begitu menonjol. disinilah efek dari sistem injeksi milik vixion. point untuk vixion lagi dah
HASIL AKHIR
melihat dari ulasan ulasan diata, kita akan mengumpulkan seluruh point yang ada. hasilnya adalah :
suzuki satria FU : 7 point
yamaha vixion : 7 point
ternyata seimbang ! eitss… tapi jangan lupa perbandingan kedua suzuki satria Fu dan Yamaha Vixsion bisa dikatakan sangat tidak afdol, mengingat FU adalah motor kelass bebek sementara Vixion adalah kelas Cruiser.
gimana ? udah jelas kan perbandingan dari kedua motor fenomenal ini ? atau jangan jangan malah membuat bingung anda dalam memilih ? tapi semua pasti akan kembali kepada selera konsumen, mana yang tepat untuk konsumen itulah yang akan dibeli :)
semoga bermanfaat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar