Kamis, 16 Februari 2012

Honda Megapro

tentu semua sudah tahu kan tentang sepak terjang dari motor ini ? yah, honda mega pro memang sangat banyak digunakan. mengingat harganya yang lumayan terjangkau dan juga memiliki penampilan yang oke punya. membuat motor pabrikan honda ini memikat hati para konsumen, terutama para kaum adam.

Spesifikasi Honda New Megapro
  • : 2.050 x 757 x 1.075 mm
  • : 1.313 mm
  •  : 152 mm
  •  : 136 kg
  •  : Pola Berlian (diamond steel)
  •  : Teleskopik
  •  : Tunggal (monoshock) dapat di setel keras dan lembut
  •  : 80/100 – 17 M/C 46P – Tubeless
  •  : 100/80 – 17 M/C 55P – Tubeless
  •  : Cakram hidrolik, dengan piston ganda
  •  : Cakram hidrolik dengan piston tunggal
  •  : 12,0 liter
  •  : 4 langkah, OHC, pendinginan udara
  •  : 57,3 x 57,8 mm
  •  : 149,2 cc
  • : 9,5 : 1
  • : 10,1 kW / 8.500 rpm
  •  : 12,8 Nm / 6.500 rpm
  •  : 1 liter pada penggantian periodik
  •  : Manual, Multiplate Wet Clutch
  • : 5 kecepatan
  • : 1-N-2-3-4-5
  •  : Pedal & starter elektrik
  •  : MF 12 V – 5 Ah
  • : NGK CPR8EA-9 / NGK CPR9EA-9
  •  : DC – CDICDI
Harga
Untuk harga, honda new Megapro dipatok 19,5 juta. on the road jakarta. harga yang cukup menggiurkan untuk motor kelas motorsport bukan ?
harga jual kembali pun bisa dikatakn cukup tinggi, berkisar antara 13-16 juta.
Pilihan Warna
Terdapat banyak pilihan warna dari motor ini, nih sekalian masdoe.com beri secara lengkap.
oh iya, jangan lupa. nanti anda keburu kepincut dengan penampilan luarnya ? karena setiap produk pasti mempunyai kelemahan dan kelebihan lho...

Honda New Megapro adalah motor terbaru dari pabrikan Honda yang diharapkan mampu bersaing di kelas motosport , lawan yang sekompitetor dengan Byson maupun Vixion dari merk Yamaha.
Kita ngerti sendiri kan, bagaimana ketatnya persaingan antara Honda dan Yamaha di Indonesia. Jika dalam dekade sebelumnya, Honda selalu memimpin dalam jumlah penjualan, maka pada 2010 bisa dibilang menjadi tahun terburuk dimana Yamaha berhasil menyalip di hampir semua lini, terutama di kelas motosport.
Honda hanya mampu mempertahankan dominasinya di kelas bebek. Hal ini sangat wajar mengingat Honda terkesan minim inovasi, berbeda dengan Yamaha yang merangsek maju dengan terobosan-terobosan di bidang desain maupun piranti mesin.
New Megapro mengusung teknologi terbaru Honda, dengan kapasitas mesin 149,2 cc diperkirakan mampu menjaga tenaga mesin sebesar 10,1KW atau sekitar 13PS. Tentu saja masih di bawah performa Yamaha Byson yang berkapasitas 153.0cc dan tenaga maksimum 14 PS, maupun Yamaha Vixion yang berkapasitas 149.8 cc.
Namun, New Megapro dianggap mampu meruntuhkan stigma Honda sebagai pabrikan yang abai terhadap desain, karena tipe ini terbilang ‘gemar bersolek’ dengan desain modern, tidak lagi konservatif sebagaimana ‘dandanan’ tipe Honda yang lain.
Lihat saja, bodinya yang kokoh ditunjang dengan oleh lekuk tangki sporty dan memanjakan pengemudi, ditambah air scoop, mangkuk lampu futuristik, dan monoshock untuk suspensi belakang.

Honda new megapro top speedSpesifikasi
Tipe mesin 4 langkah, OHC, pendinginan udaraPerbandingan Kompresi: 9,5 : 1Daya Maksimum: 10,1 kW / 8.500 rpmTorsi Maksimum: 12,8 Nm / 6.500 rpmTipe rangka: Pola Berlian (diamond steel)Suspensi belakang: Tunggal (monoshock) dapat di setel keras dan lembutRem depan: Cakram hidrolik, dengan piston gandaRem belakang: Cakram hidrolik dengan piston tunggalGigi Transmisi: 5 kecepatan dengan pola Pengoperan Gigi : 1-N-2-3-4-5Busi: NGK CPR8EA-9 / NGK CPR9EA-9Sistem Pengapian : DC – CDICDI

Kelebihan
New Megapro memiliki desain kokoh dan nyaman untuk berkendara. Kombinasi antara posisi setang tinggi dengan letak posisi kaki yang hampir searah lutut, membuat motor ini sangat gesit dan lincah. Memiliki akselerasi yang cukup bagus untuk berkendara di tengah kemacetan, sebab memiliki mesin yang cukup responsif. Disk brake yang digunakan pada sistem pengereman belakang menjamin keamanan karena laju motor mudah dikendalikan. Suspensi monoshock belakangnya bisa disetting keras dan lembut.Spare part Megapro sangat fleksibel untuk ditukar-tukar dengan GL Max, GL Pro, maupun Tiger. Jadi apabila ada kerusakan, spare partnya mudah disediakan.

Kekurangan
Kelemahan yang paling menonjol pada Megapro adalah top speed-nya yang hanya mencapai 125km/ jam. Dengan rasio putaran mesin yang terbilang pendek namun menggunakan gigi persneling lima percepatan, kecepatan 80 km/ jam dicapai pada gigi terakhir, pada putaran mesin 5.000 rpm. Walaupun stabil, namun untuk menuju ke top speed, motor terasa ngoyo. Dalam kecepatan 110 km/ jam, kemudian menikung dengan posisi loss gas, motor menjadi kurang stabil dan goyang. Bahan bakar juga terbilang cukup boros jika dibandingkan dengan Vixion. Silinder mesin Megapro memang besar, tapi rasio kompresi terendah : 9:1 menyebabkan tenaga maksimal yang dihasilkan hanya sebesar 13,3 Daya Kuda, bandingkan dengan Vixion yang mencapai 14,7.Dengan spesifikasi tersebut di atas, harga Megapro termasuk ‘kurang bersahabat.’
Namun, walaupun memiliki kelemahan seperti tersebut di atas, berdasarkan pengalaman lapangan, Megapro cukup tangguh untuk perjalanan jauh. Hal ini sebanding dengan reputasi mesin Honda pada umumnya, semakin panas mesin maka semakin stabil.
dan seperti biasanya, saya akan mengucapkan “semua kembali pada selera konsumen masing masng” :) karena semua motor pabrikan dari manapun pasti akan memiliki kekurangan dan kelebihan masing masing dibidangnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar